Header Ads Widget

Sepenggal Cerita Seorang Guru

Ticker

6/recent/ticker-posts

TV Sekolah Solusi Belajar Masa Pandemi



SMA Mekar Arum Cileunyi Kabupaten Bandung melaksanakan pembelajaran online secara jarak jauh (belajar dari rumah). Kebijakan ini diambil dalam upaya mendukung pemerintah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 dan menjalankan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan optimal satuan pendidikan menyusun program belajar dari rumah secara matang dan melakukan berbagai inovasi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pengambilan keputusan Belajar Dari Rumah (BDR) disetujui oleh sekolah melalui proses diskusi dan musyawarah antara kepsek, para wakasek dan staff wakasek dengan pembina yayasan. Hal yang mendasari pengambilan keputusan ini karena SMA Mekar Arum yang berada di wilayah Kabupaten Bandung berdasarkan data dari gugus tugas percepatan penanganan covid-19 termasuk daerah yang berada pada zona orange. Sehingga berlandasakan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), menjelaskan bahwa sekolah yang berada di wilayah zona orange dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan harus melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

Secara umum belajar dari rumah yang dilakukan oleh kebanyakan sekolah  dilaksanakan melalui aplikasi baik itu media sosial ataupun berbasis web. Tetapi penggunaan aplikasi tersebut membuat siswa merasa cepat jenuh ketika proses belajar dan tidak dapat melihat gurunya mengajar ketika berada di rumah.  Melihat fenomena ini  dan sudah diputuskannya bahwa pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, tepatnya pada tanggal pada tanggal 29 Juni 2020 sekolah membuat terobosan baru dengan membuat Studio Mekar Arum TV menggunakan ruang kelas belajar. Pembuatan TV sekolah ini merupakan  sebuah inovasi baru di dunia pendidikan, dan untuk menyukseskan program ini satuan pendidikan melakukan pelatihan kepada tenaga pengajar tentang public speaking di depan kamera, penyiapan sarana dan prasarana Studio Mekar Arum TV serta melatih tenaga pendidik yang menjadi operator studio. Pada saat proses pembelajaran di studio guru-guru diwajibkan mematuhi protokol kesehatan ketika datang ke sekolah.

Kehadiran Mekar Arum TV menjadi solusi belajar di masa pandemi COVID-19 dan mempunyai tujuan sebagai sarana dan media pembelajaran sekolah yang asyik dan menyenangkan bagi siswa serta dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk berkarya dan berkreasi selama menjalani proses pembelajaran secara jarak jauh. Beberapa keunggulan Mekar Arum TV dibandingkan dengan media pembelajaran daring lainnya adalah :

1.      Mempunyai chanel sendiri, yaitu berupa kanal tv streaming melalui chanel youtube sekolah yang dapat disaksikan oleh seluruh siswa di Indonesia termasuk siswa SMA Mekar Arum itu sendiri.

2.      Siswa mampu memahami materi secara maksimal karena langsung melihat gurunya yang sedang menjelaskan materi pembelajarannya secara live streaming.

3.      Membuat siswa tidak merasa bosan dan mengobati rasa kangen mereka terhadap gurunya yang harus melakukan pembelajaran jarak jauh.

4.      Siswa dapat mengulang video pembelajaran yang sudah ditayangkan melalui chanel youtube mekar arum tv

5.      Guru menjadi semakin kreatif dan kemampuan berbicara didepan kameranya semakin berkembang.

Kenapa harus mekar arum tv yang dipilih sekolah dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauhnya?, TV sekolah ini mencoba menghadirkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga menjadi sebuah energi belajar bagi seluruh siswa agar tetap semangat ketika belajar dari rumah. Dengan tagline Deukeut, Deudeuh,Imeut maka TV Sekolah ini akan mewadahi semua kegiatan proses pembelajaran di SMA Mekar Arum. Tenaga Pendidik dapat melakukan unjuk kreasi, bahkan unjuk prestasi di TV Sekolah. Untuk itu TV Sekolah mencoba selalu memberikan wadah untuk guru agar selalu kreatif dan inovatif pada saat tampil di studio tv. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran melalui Mekar Arum TV pihak sekolah selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat khususnya dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, hal ini dilakukan agar proses pembelajaran terlaksana secara optimal. Selain dengan dinas pendidikan sekolah menjalin koordinasi dengan Puskesmas Cinunuk dan Masyarakat lingkungan sekitar khususnya kepada orang tua peserta didik untuk melakukan sosialisasi tentang pembelajaran jarak jauh dengan Mekar Arum TV melalui media sosial. Sementara itu untuk menunjang pembelajaran melalui TV dan mengatasi masalah kuota siswa, sekolah melakukan pemberian kuota gratis sebesar 6 GB persiswa setiap bulannya.

 



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Alhamdulillah...bangga melihat perkembangan sekolah SMA Mekar Arum...

    BalasHapus